Selasa, 31 Juli 2012

Seberapa Menarik Artikel Anda?


Membuat konten yang bagus itu susah. Terkadang konten bagus juga tidak menjamin hal itu menarik dan disukai pengunjung. Untuk mendatangkan pengunjung dan mau berinteraksi pada artikel yang ditulis itu sama susahnya dengan membangun image dalam pergaulan sehari-hari. Terkadang kita hanya mendapat kunjungan dan pengunjung itu juga berlalu secepat ia mengunjungi situs kita. Dilematik, sekaligus membuat kita surut untuk membuat konten baru. Lalu bagaimana solusinya? apa yang harus kita perbuat untuk mengatasi masalah tersebut? Berikut beberapa masukan (tips) untuk membuat artikel menjadi hidup dan mendapat respon dari pembaca. Silahkan simak penjelasan berikut.

1. Jangan bicara tentang diri pribadi
Banyak pengunjung yang tidak mau menyimak kisah pribadi. Hal ini sudah banyak dialami kawan-kawan blogger yang memuat kisah pribadinya dan sangat jarang mendapat respon. Alasannya pengunjung tidak mau menyimak curhat atau artikel pribadi yang dianggap tidak berguna. Berbeda kalau anda adalah orang terkenal. Itupun tidak semua kisah biasanya menarik. Lama-kelamaan pengunjung juga bosan dengan artikel tersebut.

Mungkin kisah kamu menarik, tapi belum tentu menarik menurut orang lain. Angkat saja kisah panas dan baru diseputar anda. Kisah ini tidak harus sama, namun harus mempunyai keterkaitan dengan topik yang lagi ramai dibicarakan. Sekali-sekali buat review tentang suatu masalah, namun harus disertai tanggapan pribadi dan melibatkan pengunjung untuk merespon artikel tersebut. Untuk meningkatkan kualitas dan kredebilitas artikel, mulailah menjawab topik hangat melalui tulisan, sehingga pengunjung akan melihat sebagai sumber daya dan lebih mungkin untuk mempromosikannya kepada orang lain. Bicarakan dan kuasai topik hangat serta kisah menarik untuk pembaca, bukan untuk diri sendiri.

Ingat, pengunjung tidak suka dengan seorang pendongeng. Mereka perlu informasi yang menarik dan topik hangat untuk disimak.

2. Jangan memilih topik yang kadaluarsa
Cari berita hangat yang masih baru dan tulis berita tersebut, lalu berikan opini pribadi. Jangan menulisberita hangat bulan lalu. Intinya kita berpacu dengan situs lain untuk mengangkat berita terbaru, sehingga dianggap sutus yang selalu up to date. Anda bisa saja mengulas kembali berita lama dengan beberapa penyegaran ide. Syaratnya kamu harus memberi jarak waktu yang panjang, minimal orang sudah melupakan berita tersebut atau tidak membutuhkannya lagi. Namun ini sulit dilakukan.

cara membuat artikel manarik
3. Judul yang tidak menarik
Membuat judul jangan jadul. Buatlah judul menarik dan cukup relevan untuk menangkap rentang perhatian kecil dari audiens. Judul yang menarik tidak harus panjang, namun mampu menggelitik hasrat kebutuhan informasi pengunjung melalui judul tersebut. Coba bayangkan kalau saya menulis judul artikel ini dengan Cara Membuat Artikel yang Menarik. Saya yakin orang yang sudah terbiasa menulis tidak merespon artikel ini. Makanya saya buat dengan gaya bertanya. Buktinya, anda tertarik dan membaca tulisan ini bukan? hehehee

4. Jangan memuat konten atau tulisan terlalu panjang
Jangan membuat tulisan yang terlalu panjang dengan banyak basa-basi. Tulisan lebih baik singkat tapi mudah dimengerti dan menarik untuk dibaca. Terkadang artikel bagus tidak harus menggunakan redaksional bagus dan patuh pada aturan. Pakai saja bahasa sehari-hari, yang penting mudah dimengerti. Berikan bumbu-bumbu kelakar ringan agar orang tidak pusing membaca tulisan yang kadang menuntun pembaca untuk berpikir.

5. Berikan kemudah bagi pengunjung
Berikan kemudahan untuk pengunjung, seperti tombol share atau berbagi, Pilihan arsip atau daftar entri yang mudah dilihat dan diakses, dan entri populer atau entri menarik lainnya. Ini akan meningkatkan peluang popularitas artikel yang ditulis. Jangan sampai membuat pembaca copy paste link, lalu membaginya pada jaringan sosial yang mereka ikuti. Intinya berikan kemudahan pada pengunjung untuk surfing, karena dengan begini pengunjung akan suka berlama-lama dalam di blog dan menyimak artikel anda.

6. Layout bagus
Pengunjung tidak suka membaca artikel padang rumput. Gunakan gambar untuk menambah kejelasan akan topik yang diangkat. Sedikit gambar tidak akan memberatkan loading situs, namun akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Mengenai layout, silahkan pelajari sendiri menurut selera masing-masing.

7. Konten asli
Konten asli adalah suatu hal penting. Namun bila pikiran buntu, silahkan cari referensi dibeberapa situs, namun jangan copy paste (copas) apa adanya. Edit tulisan itu menurut bahasa anda dan berikan ide segar yang bertolak belakang sebagai dayak tariknya. Kalau hanya mengandalkan copas, lama-kelamaan otak anda bisa kejang dan tidak produktif lagi untuk menulis. Mati Ide...mau?

Hanya itu yang dapat saya berikan, selanjutnya tergantung pribadi masing-masing untuk berimprofisasi dalam mengolah artikel.
Jangan sedih kalau tulisan kamu tidak bagus, tapi bersedihlah kalau kamu tidak bisa menulis sama sekali. 
Ok selamat mencoba dan sukses selalu. (blogonol )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar